Sheriff, Debutan Liga Champions Mengejutkan Real Madrid
Sheriff, Debutan Liga Champions Mengejutkan Real Madrid

Breslanta – Sheriff Tiraspol debutan liga champions menyebabkan salah satu kejutan terbesar ketika klub yang paling tidak berpengalaman di liga itu mengalahkan juara Eropa 13 kali Real Madrid di Bernabeu.

Sebastien Thill mengklaim kemenangan bagi para debutan dengan tendangan menakjubkan pada menit terakhir, memunculkan adegan perayaan liar dari juara Moldova.

Sundulan Jasurbek Yakhshiboev di babak pertama memberi mereka keunggulan sebelum Karim Benzema menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti.

Tapi gol Thill adalah cara yang layak untuk meraih kemenangan bersejarah. Setengah-flight gelandang Luksemburg membungkam penonton tuan rumah saat melintas melewati Thibaut Courtois.

“Ini adalah tujuan terbaik dan terpenting dalam karir saya,” kata Thill, yang dipinjamkan ke FC Tambov tahun lalu – klub Rusia yang dibubarkan pada Mei setelah menyatakan dirinya bangkrut.

“Setelah pertandingan ini kami semua menjadi gila. Ada banyak orang asing di klub, kami datang dari berbagai negara. Itulah kekuatan kami.”

Bukan ini yang dimaksud Real, karena Bernabeu menjadi tuan rumah sepak bola Liga Champions untuk pertama kalinya dalam 580 hari. Dan sorak-sorai para pemain sheriff adalah soundtrack kejutan yang monumental.

Sheriff, Kapten Frank Castaneda, mengatakan kemenangan itu adalah ‘mimpi yang menjadi kenyataan’. Dan mereka fokus untuk mencapai babak sistem gugur.

Tim tuan rumah mendominasi semua aspek permainan, dengan 76% penguasaan bola dan 31 tembakan, 11 di antaranya mengarah ke gawang.

Tapi sheriff bermain dengan percaya diri dan tanpa henti ketika dia mendapat kesempatan sekecil apa pun – dua kali hanya dengan tiga tembakan tepat sasaran.

Carlo Ancelotti, bos Real Madrid, mengatakan dia “sedikit sedih” karena dia merasa Real “pantas menang”. “Bisa dibilang kami tidak senang. Kami kalah dalam pertandingan dengan detail kecil, mereka mendapat skor lewat serangan balik dan lemparan ke dalam,” kata pelatih asal Italia itu. “Semuanya berjalan baik bagi mereka, semuanya berjalan salah bagi kita.”

Siapa Sheriff Tiraspol?

Pertandingan di ibukota Spanyol itu merupakan pertandingan ke-10 Sheriff di Liga Champions musim ini. Ketika mereka melaju ke babak penyisihan grup untuk pertama kalinya.

Sebuah kemenangan luar biasa melawan Shakhtar Donetsk awal bulan ini mengirim mereka ke puncak Grup D. Dan dengan kemenangan luar biasa ini mereka tetap tidak mungkin menjadi pemimpin bagi oposisi yang gemilang, yang juga termasuk juara Italia Inter Milan.

“Kami sekarang fokus pada Inter dan kami akan bekerja keras untuk memastikan bahwa kami terus memberikan hasil positif,” kata kapten sheriff Castaneda.

Saat masih di podium Eropa, mereka memenangkan 20 dari 22 gelar liga Moldova yang diperebutkan. Dan dalam dua pertandingan liga, sebelum pindah ke Madrid, mereka mencetak 11 gol dan tidak kebobolan apa pun.

Hasil Selasa berarti mereka hanya klub kedua yang menang pada perjalanan Liga Champions pertama mereka ke Bernabeu, mengulangi kinerja Arsenal pada 2005-06.

Dan tidak sejak Leicester City memenangkan dua pertandingan pertama mereka di 2016-17 selama debut liga mereka.

Real berencana untuk membuat sejarah dengan kembalinya mereka ke Bernabeu. Yang telah merubah karena mereka hanya memiliki hampir 100 kemenangan Liga Champions ke kandang.

Tapi klub klub yang paling berpengalaman – dan salah satu yang telah mencoba untuk mereformasi sepak bola klub Eropa sebagai anggota pendiri Liga Super yang kontroversial – telah terkalahkan.

Baca Juga : Kembalikan CSK untuk menjaga momentum