Leylah Fernandez Kalahkan Angelique Kerber Untuk Capai Perempat Final
Leylah Fernandez Kalahkan Angelique Kerber Untuk Capai Perempat Final

Breslanta – Remaja Kanada Leylah Fernandez melanjutkan perjalanan Amerika Terbukanya yang luar biasa saat ia mengalahkan juara 2016 Angelique Kerber untuk maju ke perempat final. Menjelang ulang tahunnya yang ke-19, Fernandez memastikan kemenangannya atas Naomi Osaka dengan kemenangan 4-6 7-6 (7-5) 6-2 atas Kerber dari Jerman.

Dia bangkit dari ketertinggalan 4-2 di set kedua untuk memaksakan hasil imbang dan tertinggal tipis sejak saat itu. Fernandez mengatasi unggulan kelima Elina Svitolina untuk semifinal. Dengan menggandakan kemenangannya, sebelum memberikan tepuk tangan meriah kepada penonton yang memadati Stadion Louis Armstrong.

Fernandez adalah satu dari tiga remaja yang berhasil menembus AS Terbuka, setelah meraih kemenangan atas juara Slam empat kali Osaka dan pemenang tiga kali Kerber. Petenis Inggris Emma Raducanu yang berusia 18 tahun dan petenis Spanyol Carlos Alcaraz juga melaju ke putaran keempat, sedangkan Alcaraz mengalahkan unggulan ketiga Stefanos Tsitsipas awal pekan ini.

Lahir di Montreal, Fernandez dikeluarkan dari program pembangunan provinsi pada usia muda, sementara keluarganya pindah ke Florida untuk membangun kariernya dan saudara perempuannya. Ayahnya Jorge, mantan pemain sepak bola yang menjadi pemain profesional pada usia 13 tahun, belajar tenis untuk melatih putrinya. Itu terbayar, dengan Fernandez memenangkan gelar tunggal putri Prancis Terbuka pada 2019 dan menembus 100 besar pada tahun berikutnya.

 

Meskipun menjadi pemain termuda di undian utama, ia memenangkan gelar WTA pertamanya pada bulan Maret di Monterrey, Meksiko, tanpa kehilangan satu set pun sepanjang minggu. Dia menunjukkan keberaniannya terhadap Kerber, mengalahkan 45 pemenang dan menunjukkan ketenangan total untuk bertarung di delapan besar.

Leylah Fernandez melawan balik

Fernandez melakukannya dengan baik untuk mengatasi kekecewaannya di set pertama, di mana ia melewatkan break awal. Dia melakukan servis dengan keunggulan 5-2, tetapi dipatahkan oleh Kerber yang semakin agresif. Dengan petenis Kanada itu memenangkan dua poin lagi di sisa set. Mantan petenis nomor satu dunia Kerber menggunakan keunggulannya untuk memberikan efek yang luar biasa di set kedua. Tetapi juga membuat nafas lega saat Fernandez menembakkan winner dari udara untuk memaksa skor menjadi 4-4.

Kerber harus menyelamatkan satu set point dalam perjalanan untuk memaksakan hasil imbang. Tetapi Fernandez mengejar dengan cuti 5-1 dan Kerber memberi acungan jempol sarkastis pada kotak dukungannya pada perubahan itu. Setelah Kerber mengirim tendangan voli untuk menyerahkan set. Fernandez memberi isyarat kepada penonton untuk membuat lebih banyak suara. Karena sebagian besar melompat dari kursi mereka untuk memberinya tepuk tangan. Kerber, yang dikenal sebagai salah satu bek terbaik dalam permainan wanita, mulai menghilang di bawah tekanan Fernandez yang tiada henti.

Fernandez sekarang menghadapi Svitolina, yang dalam sembilan pertandingan tak terkalahkan setelah menang 6-3 6-3 atas Simona Halep. Svitolina adalah pemain dengan peringkat tertinggi kedua di liga setelah Ashleigh Barty pensiun dan ketiga di Osaka. Unggulan kedua Aryna Sabalenka mengatasi 10 kesalahan ganda, mengalahkan mantan pasangan gandanya, Elise Mertens, 6-4 6-1. Petenis Belarusia itu akan menghadapi juara Prancis Terbuka Barbora Krejcikova setelah mengalahkan mantan petenis nomor satu dunia asal Ceko Garbine Muguruza 6-3 7-6 (7-4) pada sesi malam melawan Arthur Ashe.

Baca Juga : Paralimpiade Tokyo : Lee Pearson Menangkan Emas Ke-12 Bersepeda