Catur Permainan Kompetitif Yang Dinikmati Jutaan Orang
Catur Permainan Kompetitif Yang Dinikmati Jutaan Orang

Catur permainan kompetitif yang dinikmati jutaan orang. Ini juga bisa disebut catur internasional atau Barat, untuk memisahkannya dari permainan tradisional Cina serupa seperti shiyouzhang. Banyak orang berpikir bahwa catur permainan kompetitif yang hanyalah tentang memposisikan bidak-bidak di papan catur dan mencoba untuk menang. Namun, catur bisa memiliki kedalaman yang lebih dari ini. Seperti dalam permainan catur sungguhan, Anda perlu mempertimbangkan struktur papan catur dan strategi serta keterampilan setiap pemain yang terlibat. Berikut beberapa tip untuk membantu meningkatkan permainan catur Anda.

Usahakan untuk tidak terlalu banyak bergerak saat bersiap-siap untuk bermain catur. Jika Anda bergerak, pertimbangkan apakah itu akan menguntungkan atau merugikan Anda dan bidak catur Anda. Misalnya, jika lawan Anda memiliki posisi bidak yang baik, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengeluarkan bidak Anda sendiri dari garis kemungkinan serangan. Membuat terlalu banyak gerakan sebagai persiapan untuk langkah selanjutnya dapat menyebabkan keputusan dan serangan yang buruk yang dapat dengan mudah.

Selalu periksa bidak catur Anda sebelum meletakkannya di papan catur. Ini penting karena memberi Anda waktu untuk mengevaluasi kondisi papan catur dan melihat apa yang akan dilakukan bidak catur Anda dalam keadaan yang berbeda. Dengan memeriksa bidak catur Anda, Anda akan dapat menentukan apa yang akan dilakukan bidak lawan Anda.

Jangan periksa uskup, benteng, ksatria, dan ratu Anda dan bukanlah bidak catur yang bisa terpindahkan. Benteng dan ksatria selalu bisa dipindahkan. Ratu bisa dipindahkan, tapi hanya jika aturan check-move digunakan. Jika Anda memeriksa bidak catur Anda, Anda menunjukkan bahwa Anda tidak percaya pada skakmat. Jika orang lain mengumumkan sekakmat, raja Anda, benteng Anda, dan ratu Anda semua akan menjadi sekakmat.

Harus Memikirkan Taktik Bemain Catur

Anda harus selalu memikirkan taktik bermain catur lawan saat bergerak. Tidak peduli seberapa bagus permainan catur Anda, tidak masalah jika lawan Anda sudah memiliki penempatan bidak yang lebih baik dari Anda. Periksa setidaknya salah satu bidak mereka di awal permainan. Dengan begitu, Anda bisa mengevaluasi taktik mereka dengan lebih baik.

Jangan biarkan bidak catur Anda gratis. Bahkan jika Anda unggul atau memiliki skakmat, tidak ada salahnya untuk mempertahankan bidak terpenting Anda, bidak catur paling berharga dalam permainan. Namun, aturan ini biasanya hanya akan memengaruhi bidak. Potongan lainnya boleh tersimpan dari papan setelah skakmat yang terumumkan. Anda sebaiknya hanya menyimpan bidak catur terbaik Anda di papan catur setelah menang.

Jangan melakukan skakmat pada uskup lawan, kecuali jika Anda benar-benar yakin dapat menskakmatnya. Skakmat yang mendeklarasikan ketika Anda tidak memiliki pilihan lain selain mengorbankan seluruh bidak Anda untuk mengambil salah satu bagian terbaiknya. Jika ini terjadi, maka Anda telah secara resmi kalah dalam game tersebut.

Jangan bermain benteng dan uskup bersama jika Anda bukan ahli catur. Benteng masih bisa memanfaatkan uskup karena benteng jauh lebih kuat dari pada uskup. Dan bahkan jika Anda memiliki pengaturan yang kuat dengan dua bidak yang kuat ini, tetap tidak menyarankan untuk mencoba dan menskakmat lawan Anda dengan dua bidak ini. Ide di balik benteng dan uskup yang kuat adalah untuk mengontrol pusat dan mengendalikan permainan; tidak menyerahkan pusat kepada lawan Anda.

Benteng dan uskup bukan satu-satunya pilihan Anda saat harus mengendalikan papan catur. Karya Anda yang lain juga dapat melakukan hal-hal luar biasa saat Anda memilikinya di papan tulis. Skakmat lawan Anda dengan membuat salah satu bidak lainnya menjadi skakmat. Tetapi jika Anda belum memiliki kekuatan itu, jangan ragu untuk menggunakan bidak Anda yang lain. Juga tidak apa-apa menggunakan dua buah catur yang jarang menggunakan ini (seperti buah catur minor) untuk melakukan beberapa skakmat.

Aturan Permainan Catur Yang Paling Penting

Aturan permainan catur yang paling penting adalah Anda tidak dapat menskakmat raja lawan Anda. Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi sebenarnya tidak. Meskipun aturan bidak skak mat adalah yang paling umum yang menggunakan dalam catur, ada bidak catur lain yang juga dapat menskakmat raja, seperti Benteng atau Ratu. Jadi berhati-hatilah saat menggunakan bidak catur ini!

Baca Juga : Olahraga Permainan Catur Yang Disukai Banyak Orang

Seperti yang Anda lihat, permainan catur tidak berakhir dengan perpanjangan waktu tradisional 5 menit. Terkadang, para pemain dapat memilih untuk menggambar semua bidak catur mereka. Dalam hal ini, kedua pemain akan beralih ke catur permainan yang kompetitif yang akan mendapatkan papan baru dan sudah tersiapkan. Pemain yang kalah harus melalui babak lain dalam permainan catur sebelum dapat melanjutkan permainan.